Resep Sambal Jengkol Kering

Bahan-bahan:




- 250 gram jengkol kering

- 10 buah cabai merah

- 5 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 2 lembar daun salam

- 1 sdt garam

- 1 sdt gula merah

- 2 sdm minyak goreng

- Air secukupnya



Cara Membuat:




1. Pertama-tama, rendam jengkol kering dalam air selama kurang lebih 4 jam. Kemudian, rebus jengkol hingga empuk dan tiriskan.

2. Haluskan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih.

3. Panaskan minyak goreng di wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam dan aduk rata.

4. Masukkan jengkol ke dalam tumisan bumbu, tambahkan garam dan gula merah. Aduk rata.

5. Tuangkan air secukupnya dan masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam jengkol. Matikan api.

6. Angkat dan tiriskan.

7. Setelah jengkol kering dingin, goreng di dalam minyak panas hingga kering dan renyah. Tiriskan.

8. Haluskan jengkol kering goreng menggunakan blender atau ulekan.

9. Campurkan jengkol kering yang sudah dihaluskan dengan bumbu tumis tadi. Aduk rata.

10. Sambal jengkol kering siap disajikan.



Informasi Nutrisi:




- Kalori: 198 kalori

- Lemak: 10 gram

- Protein: 10 gram

- Karbohidrat: 17 gram

- Serat: 3 gram

- Kalsium: 30 mg



Sambal jengkol kering adalah hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Sambal ini terbuat dari jengkol kering yang diolah dengan bumbu-bumbu sederhana seperti cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Sambal jengkol kering biasanya disajikan sebagai pelengkap nasi atau makanan sehari-hari di rumah. Meskipun terkenal dengan aromanya yang kuat dan khas, sambal jengkol kering ini sangat nikmat dan lezat jika disajikan dengan benar.



Untuk membuat sambal jengkol kering yang enak, pertama-tama Anda perlu merendam jengkol kering dalam air selama beberapa jam. Kemudian, rebus jengkol hingga empuk dan tiriskan. Setelah itu, haluskan bumbu-bumbu seperti cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun salam, dan masukkan jengkol ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan garam dan gula merah, serta air secukupnya. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam jengkol. Matikan api dan tiriskan jengkol kering tersebut. Setelah itu, goreng jengkol kering hingga kering dan renyah. Haluskan jengkol kering goreng menggunakan blender atau ulekan, lalu campurkan dengan bumbu tumis tadi. Aduk rata dan sambal jengkol kering siap disajikan.



Sambal jengkol kering mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Satu porsi sambal jengkol kering mengandung 198 kalori, 10 gram lemak, 10 gram protein, 17 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 30 mg kalsium. Namun, perlu diingat bahwa sambal jengkol kering mengandung bau yang kuat dan khas. Jadi, pastikan untuk memasaknya dengan benar agar sambal jengkol kering menjadi lebih nikmat dan enak.


close